Download this Blogger Template by Clicking Here!

Ad 468 X 60

free web site traffic and promotion

Minggu, 19 Mei 2013

Widgets

Cara Merawat Adaptor Laptop agar Awet

Adaptor adalah salah satu bagian penting pada Laptop/Netbook karena fungsinya untuk menyuplai power ketika baterai hampir habis. Oleh karena itu laptop tidak bisa digunakan tanpa Adaptor ini. Sampai saat ini belum ada powerbank/charger desktop seperti pada Handphone. Sehingga kemanapun Kita membawa Laptop Kita harus membawa Adaptor, bayangkan jika Anda akan menggunakannya malah rusak padahal umur Adaptor Anda masih baru. Itu mungkin karena Anda salah merawat Adaptor atau membeli Adaptor palsu yang cepat rusak.

Jika ingin agar umur Adaptor sebenarnya mudah, asal kita memperhatikan hal-hal seperti berikut:

1. Menggunakan Adaptor tidak Over
Menggunakan Adaptor untuk mencharge tanpa batasan waktu tidak di anjurkan, menggunakan charger untuk mengisi daya untuk waktu yang sangat lama dan percuma akan membuat charger cepat rusak, misalnya ketika Kita akan tidur, lupa kontak masih tertancap pada colokan sumber listrik hingga pagi hari, jika terjadi pembiaran dan acuh terhadap hal ini, maka dijamin umur Adaptor akan pendek dan Sobat akan menanggung konsekuensinya yaitu membeli Adaptor baru/memperbaikinya.

2. Tidak Menggulung Kabel
Ini yang sering Kita sadari yaitu ketika menaruhnya di dalam tas dan tanpa disadari keadaan Adaptor kabel menggulung dan tertekan buku dan perlengkapan di dalam tas lainnya, hal ini akan membuat kabel bagian dalam putus terutama pada bagian kabel penyambung Adaptor.


Untuk mengatasi hal ini adalah gulung kabel Adaptor dengan hati-hati tanpa ada gulungan yang membahayakan. Contoh kabel adaptor yang putus adalah ketika Kita akan mencharge kadang charge kadang tidak.

3. Gunakan Stabilizer
 Hindarkan penggunaan kontak yang voltagenya naik turun/gunakan stabilizer.

4. Charger Baterai Sebelum Habis
Hindari charge sampai keadaan baterai kosong karena ketika pengisian kembali akan membutuhkan aliran listrik yang besar, sehingga akan membuat kinerja Adaptor semakin berat dan mempengaruhi umur Adaptor.

5. Ganti Adaptor Baru
 Ganti Adaptor jika pengisian sudah terputus-putus karena akan merusak Baterai dan Motherboard. Lebih baik mengganti Adaptor yang baru, karena harganya yang lebih murah, dan belilah yang asli.

Demikian artikel Cara Merawat Adaptor Laptop agar Awet semoga bermanfaat bagi pembaca dan penulis khususnya.

Terimakasih
Selamat Membaca  |  Salam Sukses

SHARE THIS POST   

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: Mohammad
Mohammad is the founder of STC Network which offers Web Services and Online Business Solutions to clients around the globe. Read More →

5 komentar:

  1. Thank's gan...infonya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  2. kira2 adaptor bs diperbaiki ga ya???

    BalasHapus
  3. Setahu saya tidak bisa biasanya adaptor sering rusak karena penggunaanya yang over kemudian naruh yang asal2an. kemudian faktor umur terus kena air.
    maaf yah baru kasih bales.

    makasih salam sukses

    BalasHapus