Download this Blogger Template by Clicking Here!

Ad 468 X 60

free web site traffic and promotion

Rabu, 15 Mei 2013

Widgets

Cara Membuat Baterai Laptop Agar lebih Awet | Tips Merawat Laptop

Hai Sobat semua, pada postingan kali ini saya akan memberikan cara membuat baterai laptop/notebook sobat lebih awet

Baterai adalah salah satu komponen utama pada laptop atau notebook Sobat, dan keluhan yang paling sering oleh penggunanya adalah BOROS. Meskipun baterai masih baru baterai umumnya hanya bertahan 1.5 sampai 2 jam saja, nah untuk memaksimalkan umur baterai ada baiknya sobat mengikuti beberapa tips yang saya berikan,
Berikut adalah tips praktis untuk baterai Laptop/Notebook:

 1. Turunkan Kecerahan Pada Komputer
 Dengan menurunkan tingkat pencerahan maka penggunaan power akan berkurang sehingga           mengurangi daya yang dikeluarkan. Setting tingkat  pencerahan seminim mungkin (direkomendasikan). Dengan menggunakan cara ini maka akan membuat baterai semakin awet.

2. Bersihkan Laptop/Notebook secara Teratur
Banyak para pengguna Laptop yang malas membersihkan Laptopnya padahal dengan meluangkan waktu sedikit saja untuk membersihkan akan berdampak pada umur baterai. Di bagian samping dan bawah terdapat lubang ventilasi yang berguna untuk sirkulasi udara, bayangkan jika hal tersebut tersumbat oleh debu, dengan ventilasi yang tersumbat debu akan membuat sirkulasi udara bermaslah sehingga akan membuat laptop cepat panas dan membuat kipas(fan) bekerja lebih keras sehingga berdampak pada penggunaan baterai pada Laptop. Untuk menghindarinya rajinlah membersihakan daerah ventilasi dari debu dan kotoran lainnya.

3. Hindari menggunakan CD/DVD pada CDROM
Penggunaan CD/DVD ROM sangat haus akan power baterai, oleh karena itu hindari penggunaannya ketika tidak dipakai. Pastikan CD?DVD ROM tidak tertinggal jika tidak terpakai.

4. Gunakan Sleep Mode
Proses menghidupkan kembali akan memakan banyak power baterai, cara yang efektif untuk mengatasi hal ini adalah dengan cara menggunakan sleep mode, penggunaan mode ini akan memakan daya sangat rendah. Pada mode ini semua file dan program yang sedang telah dimatikan akan disimpan sementara di memori kemudian ketika akan mengidupkan kita siap untuk menggunakannya kembali. Tetapi yang harus diperhatikan adalah penggunaan mode ini hanya digunakan bila akan mematikan laptop untuk sementara dan akan menghidupkannya kembali setelah jelang waktu yang tidak lama.

5. Tutup Program Yang Tidak Perlu
Seringkali kita menggunakan program yang tidak diperlukan, bahkan mungkin ada berbagai program yang aktif di background oleh karena itu aktifkanlah program yang digunakan saja. Penggunaan proses komputer yang baik dan mematikan proses yang tidak penting(tidak digunakan) akan mengurangi power baterai dengan signifikan sehingga akan membuat baterai laptop semakin awet.

6. Cabut Perangkat USB
Pastikan tidak ada perangkat USB (flashdisk dan Coolingvan dsb) setelah menggunakan perangkat tersebut karena setiap perangkat USB membutuhkan power sehingga akan baterai akan boros dan mempengaruhi peforma jangka panjang baterai sobat.

7. Atur kondisi Laptop pada Power Saving
Atur Laptop sobat pada mode Power Saving karena akan mneghemat pengggunaan power, aturlah sesuai kebutuhan semisal berapa lama layar akan mati setelah Laptop tidak digunakan,

8. Matikan WiFi (Wireless Card)
Sering kita tidak memperhatikan kondisi ini misalnya kita hanya menghidupkan wifi di Laptop kemudian setelah tidak digunakan kita terus menyalakan wifi tersebut padahal hal ini akan menguras power baterai bahkan ketika tidak terhubung/terkoneksi. Pastikan Sobat mematikan wifi jika tidak digunakan.

9. Defrag Hardisk
Lakukan defrag secara berkala karena jika tidak dilakukan akan membuat proses pencarian file ketika akan diakses akan menjadi lambat karena file tersebut terpecah hal ini akan membuat kinerja Laptop akan semakin keras dan akan membuat power semakin boros dan memperpendek umur baterai Laptop. Lakukan defrag secara berkala tapi ingat lakukan proses defrag pada kondisi Laptop di charge karena proses defrag membutuhkan power yang banyak dan jika tidak dicharge baterai laptop akan cepat habis.

10. Bersihkan Baterai
Bersihkan baterai pada kutubnya, kutup baterai yang kotor dan berdebu akan membuat efektifitas dan efisiensi  baterai berkurang. Bersihkan logam pada kutup baterai dengan menggunakan kapas yang dibasahi dengan alkohol.

   Demikian tips dari saya semoga bermanfaat bagi pembaca, jika ada pertanyaan mengenai artikel ini silahkan komentar.
   
     



SHARE THIS POST   

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: Mohammad
Mohammad is the founder of STC Network which offers Web Services and Online Business Solutions to clients around the globe. Read More →

0 komentar: